kecilkan semua  

Teks -- Ezra 7:2-28 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
7:2 bin Salum bin Zadok bin Ahitub 7:3 bin Amarya bin Azarya bin Merayot 7:4 bin Zerahya bin Uzi bin Buki 7:5 bin Abisua bin Pinehas bin Eleazar bin Harun, yaitu Harun imam kepala. 7:6 Ezra ini berangkat pulang dari Babel. Ia adalah seorang ahli kitab, mahir dalam Taurat Musa yang diberikan TUHAN, Allah Israel. Dan raja memberi dia segala yang diingininya, oleh karena tangan TUHAN, Allahnya, melindungi dia. 7:7 Juga berangkat pulang ke Yerusalem beberapa rombongan orang Israel dan imam, orang Lewi, penyanyi, penunggu pintu gerbang dan budak di bait Allah pada tahun ketujuh zaman raja Artahsasta. 7:8 Lalu tibalah ia di Yerusalem pada bulan kelima, yakni pada tahun ketujuh zaman raja itu. 7:9 Tepat pada tanggal satu bulan pertama ia memulai perjalanannya pulang dari Babel dan tepat pada tanggal satu bulan kelima ia tiba di Yerusalem, oleh karena tangan murah Allahnya itu melindungi dia. 7:10 Sebab Ezra telah bertekad untuk meneliti Taurat TUHAN dan melakukannya serta mengajar ketetapan dan peraturan di antara orang Israel. 7:11 Inilah salinan surat, yang diberikan raja Artahsasta kepada Ezra, imam dan ahli kitab itu, yang ahli dalam perkataan segala perintah dan ketetapan TUHAN bagi orang Israel: 7:12 "Artahsasta, raja segala raja, kepada Ezra, imam dan ahli Taurat Allah semesta langit, dan selanjutnya. Maka sekarang, 7:13 olehku telah dikeluarkan perintah, bahwa setiap orang di dalam kerajaanku yang termasuk orang Israel awam, atau para imamnya atau orang-orang Lewi, dan yang rela pergi ke Yerusalem, boleh turut pergi dengan engkau. 7:14 Oleh karena engkau disuruh raja serta ketujuh orang penasihatnya untuk mengadakan penyelidikan mengenai Yehuda dan Yerusalem dengan berpedoman kepada hukum Allahmu yang menjadi peganganmu, 7:15 dan untuk membawa perak dan emas, yang diberikan raja serta para penasihatnya sebagai persembahan sukarela kepada Allah Israel, yang tempat kediaman-Nya di Yerusalem, 7:16 beserta segala perak dan emas yang akan kauperoleh di seluruh propinsi Babel, dengan persembahan sukarela yang akan dipersembahkan oleh rakyat dan para imam bagi rumah Allah mereka yang ada di Yerusalem, 7:17 maka oleh karena itu haruslah engkau dengan seksama memakai uang itu untuk membeli lembu-lembu jantan, domba-domba jantan, anak-anak domba dengan korban sajiannya dan korban curahannya, dan haruslah semuanya itu kaupersembahkan di atas mezbah di rumah Allahmu yang ada di Yerusalem. 7:18 Tetapi apa yang dianggap baik olehmu dan oleh saudara-saudaramu untuk diperbuat dengan perak dan emas yang selebihnya, boleh kamu perbuat sesuai dengan kehendak Allahmu. 7:19 Hanya perlengkapan-perlengkapan yang diserahkan kepadamu untuk ibadah di rumah Allahmu, sampaikanlah itu ke hadapan Allah di Yerusalem. 7:20 Dan yang lain yang masih diperlukan untuk rumah Allahmu, yang pembayarannya menjadi tanggunganmu, itu boleh kaubayar dari perbendaharaan kerajaan. 7:21 Kemudian aku, raja Artahsasta, telah mengeluarkan perintah kepada semua bendahara di daerah seberang sungai Efrat, begini: segala yang diminta dari padamu oleh imam Ezra, ahli Taurat Allah semesta langit, haruslah dilaksanakan dengan seksama, 7:22 dengan memakai perak sampai jumlah seratus talenta, gandum sampai jumlah seratus kor, anggur sampai jumlah seratus bat, minyak sampai jumlah seratus bat, dan garam tidak terbatas. 7:23 Segala sesuatu yang berdasarkan perintah Allah semesta langit, harus dilaksanakan dengan tekun untuk keperluan rumah Allah semesta langit, supaya jangan pemerintahan raja serta anak-anaknya kena murka. 7:24 Lagipula kami beritahukan kepadamu, bahwa tidaklah sah bila para imam, orang Lewi, penyanyi, penunggu pintu gerbang, budak di bait Allah dan para hamba rumah Allah dikenakan pajak, upeti atau bea. 7:25 Maka engkau, hai Ezra, angkatlah pemimpin-pemimpin dan hakim-hakim sesuai dengan hikmat Allahmu yang menjadi peganganmu, supaya mereka menghakimi seluruh rakyat yang diam di daerah seberang sungai Efrat, yakni semua orang yang mengetahui hukum Allahmu; dan orang yang belum mengetahuinya haruslah kauajar. 7:26 Setiap orang, yang tidak melakukan hukum Allahmu dan hukum raja, harus dihukum dengan seksama, baik dengan hukuman mati, maupun dengan pembuangan, dengan hukuman denda atau hukuman penjara." 7:27 Terpujilah TUHAN, Allah nenek moyang kita, yang dengan demikian menggerakkan hati raja, sehingga ia menyemarakkan rumah TUHAN yang ada di Yerusalem,
Persiapan perjalanan
7:28 dan membuat aku disenangi oleh raja dan penasihat-penasihatnya serta segala pembesar raja yang berkuasa! (#7-#28b) Maka aku menguatkan hatiku, karena tangan TUHAN, Allahku, melindungi aku dan aku menghimpunkan dari antara orang Israel beberapa pemimpin untuk berangkat pulang bersama-sama aku.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abisua the son of Phinehas I; a chief priest,the son of Bela son of Benjamin
 · Ahitub chief priest Ahitub I; son of Phinehas II son of Eli,chief priest Ahitub II; son of Amariah I (WZ-466),chief priest, Ahitub III; son of Amariah II
 · Amarya a Levite (Hebron Kohath); founder of a sub-clan of Hebron,the chief priest, Amariah I; son of Marioth I; 1100 BC,son of Azariah II; chief priest under Jehoshaphat; Amariah II,a Levite temple assistant to Kore under King Hezekiah; 725 BC,son of King Hezekiah; 700 BC,an Israelite (Binnui) who put away his heathen wife; 458 BC,a priestly leader who returned with Zerubbabel 537 BC (NIVsn),son of Shephatiah of Judah
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak-anak Lewi members of the tribe of Levi
 · Artahsasta a man who usurped the Persian throne 552-551BC (ZD74),a Persian king who must have reigned before 516BC (ZD74),King of Persia about 460-440BC (ZD74)
 · Azarya son of Ahimaaz; grandson and successor of Zadok I,son of Nathan; a priest who was chief of Solomons officers,son and successor of king Amaziah of Judah,son of Ethan son of Zerah of Judah,son of Jehu son of Obed of Judah,son of Johanan; descendant of Meraioth I,son of Hilkiah before the exile; high priest Azariah III,a descendant of Hilkiah the priest,son of Zephaniah/Uriel (Korah Levi); forefather of Samuel,son of Oded; prophet under King Asa,second son of Jehoshaphat; brother of King Jehoram,fifth son of Jehoshaphat; brother of King Jehoram,son of Jeroham; a commander who helped enthrone Joash,son of Obed; a commander who helped enthrone Joash,the priest who confronted Uzziah for offering incense,a chief of Ephraim under Israel's King Pekah,father of Joel (Kohath Levi), who served under Hezekiah,son of Jehallelel (Merari Levi). He served under Hezekiah,chief priest, of Zadok's line, under Hezekiah,son of Maaseiah son of Ananiah; a repairer of Nehemiah's wall,a man who accompanied Zerubbabel back to the land of Judah,a scribe who helped Ezra explain the reading of the Law,a priest who signed the covenant to keep God's law,a prince of Judah who led praises to God on the new city wall,son of Hoshaiah; one of the leaders rebelling against Jeremiah,a man exiled from Judah and trained with Daniel in Babylon
 · Babel members of the nation of Babylon
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Lewi members of the tribe of Levi
 · Buki son of Abishua; a chief priest,son of Jogli, Moses' land distribution deputy for Dan
 · Eleazar a son of Eliud; the father of Matthan; an ancestor of Jesus.,a chief priest; son of Aaron,son of Abinadab; caretaker of the Ark at Kiriath-Jearim,son of Dodo the Ahohite; one of David's military elite,son of Mahli the Levite,a priest who participated in the dedication of the wall,a priest under Ezra; son of Phinehas,a layman of the Parosh clan who put away his heathen wife
 · Ezra a man of Judah; probably the son of Hodiah
 · Harun a son of Amram; brother of Moses,son of Amram (Kohath Levi); patriarch of Israel's priests,the clan or priestly line founded by Aaron
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Kasdim the inhabitants of Chaldea.
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · kaum-kaum Lewi members of the tribe of Levi
 · kaum-kaum suku Lewi members of the tribe of Levi
 · Lewi relating to Levi and the priesthood given to him,a tribal name describing people and ceremonies as sacred
 · Merayot son of Zerahiah; chief priest Meraioth I,a chief priest, Meraioth II; son of Ahitub III,a priest at the close of the exile (YC)
 · Musa a son of Amram; the Levite who led Israel out of Egypt and gave them The Law of Moses,a Levite who led Israel out of Egypt and gave them the law
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang Lewi member of the tribe of Levi
 · orang-orang dari bani Lewi members of the tribe of Levi
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Lewi members of the tribe of Levi
 · Orang-orang suku Lewi members of the tribe of Levi
 · para orang Lewi members of the tribe of Levi
 · Pinehas son of Eleazar; a chief priest, Phinehas I,a priest; son of Eli; Phinehas II,father of Eleazar, a priest on duty in the days of Ezra


Topik/Tema Kamus: Ezra | Aram | Penulis Peristiwa | Firdaus | Hakim Pengadilan | Raja, Kerajaan Media Dan Persia | Orang Netinim | Penjara | Sifat Hati Yang Dibaharui | Upeti, Pajak | Taat, Ketaatan Kepada Allah | Hukuman | Sidang, Persidangan Pengadilan | Sembah, Persembahan Curahan | Hikmat Allah | Anak Domba | Ahli Taurat | Pemungut Cukai | Cari, Mencari Allah | Garam | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Ezr 7:6 - TANGAN TUHAN, ALLAH-NYA, MELINDUNGI DIA. Nas : Ezr 7:6 Tiga kali dalam pasal ini dikatakan bahwa tangan Tuhan melindungi Ezra (ayat Ezr 7:6,9,28; bd. Ezr 8:18,22,31). Tiga alasan diberikan...

Nas : Ezr 7:6

Tiga kali dalam pasal ini dikatakan bahwa tangan Tuhan melindungi Ezra (ayat Ezr 7:6,9,28; bd. Ezr 8:18,22,31). Tiga alasan diberikan dalam ayat Ezr 7:10: Ezra telah mengabdikan dirinya

  1. (1) untuk meneliti Firman Allah,
  2. (2) untuk melakukannya serta
  3. (3) mengajarkannya kepada orang lain

    (lihat cat. --> Ezr 7:10 selanjutnya).

    [atau ref. Ezr 7:10]

    Kesetiaan kepada Allah dan Firman-Nya akan senantiasa disertai berkat dan pertolongan Tuhan. Prinsip ini ditegaskan dalam ayat-ayat PB seperti Mat 5:6; Yoh 14:21; 15:7-10; Kis 10:1-4; 2Kor 6:16-18; Ibr 11:6; Yak 1:21-25; Wahy 3:7-10. Di Ezr 8:22, Ezra menambahkan peristiwa lain dimana tangan Allah melindungi umat-Nya, yaitu perkenan Allah datang kepada orang yang mengharapkan Dia dengan sepenuh hati. Siapa saja yang sungguh-sungguh mencari Allah dan dengan ikhlas menunjukkan kesetiaan kepada-Nya dan Firman-Nya akan mengalami tangan Allah melindungi dia.

Full Life: Ezr 7:10 - MENELITI TAURAT TUHAN DAN MELAKUKANNYA SERTA MENGAJAR. Nas : Ezr 7:10 Ezra menjadi teladan bagi semua orang yang mengabdikan diri sebagai orang yang diurapi oleh Allah untuk meneliti, menaati, dan menga...

Nas : Ezr 7:10

Ezra menjadi teladan bagi semua orang yang mengabdikan diri sebagai orang yang diurapi oleh Allah untuk meneliti, menaati, dan mengajarkan Firman Allah (bd. ayat Ezr 7:6,9).

  1. 1) Ezra percaya bahwa hukum Taurat diberikan melalui Musa oleh Allah sendiri dan karena itu menjadi kekuasaan tertinggi untuk seluruh umat Allah (ayat Ezr 7:6; bd. Neh 8:14).
  2. 2) Ezra mengabdikan dirinya untuk meneliti (harfiah -- "mencari") Firman Allah. Ia berusaha untuk mengetahui jalan pikiran Allah dalam semua hal yang berkaitan dengan kehidupan ini, dunia, dan maksud-maksud Allah bagi umat-Nya. Jadi, hikmat Allah ada di dalam dirinya (ayat Ezr 7:25).
  3. 3) Ezra mengabdikan diri untuk menaati ketetapan-ketetapan Allah dan standar-standar-Nya yang benar. Apa yang diajarkannya, dilakukannya juga (bd. Kis 1:1; 1Kor 9:27; 1Tim 4:12,16).
  4. 4) Ezra mengabdikan diri untuk mengajarkan Firman Allah supaya memelihara kebenaran, keadilan, dan kemurnian di antara umat Allah (lih. Ezr 10:10-11; Neh 8:2-18;

    lihat cat. --> 1Tim 1:5;

    [atau ref. 1Tim 1:5]

    lihat art. PENDALAMAN ALKITAB BAGI ORANG KRISTEN).

BIS: Ezr 7:12 - -- Ayat-ayat 12-26 ditulis dalam bahasa Aram (lih. Ezr 4:7).

Ayat-ayat 12-26 ditulis dalam bahasa Aram (lih. Ezr 4:7).

Jerusalem: Ezr 7:1-5 - -- Daftar silsilah Ezra ini memang sesuai dengan apa yang penting bagi kaum buangan. Begitu terbukti bahwa ia berhak atas imamat, bdk Ezr 2:62; 8:2. teta...

Daftar silsilah Ezra ini memang sesuai dengan apa yang penting bagi kaum buangan. Begitu terbukti bahwa ia berhak atas imamat, bdk Ezr 2:62; 8:2. tetapi si Muwarikh kiranya mengembangkan silsilah asli berdasarkan 1Ta 6:1 dst.

Jerusalem: Ezr 7:6 - ahli kitab Harafiah: penulis yang mahir. Bdk Maz 45:2+. Karena pandai menulis maka para penulis menjadi pegawai negeri. Karena itu gelar "penulis" dalam Ezr 7:11...

Harafiah: penulis yang mahir. Bdk Maz 45:2+. Karena pandai menulis maka para penulis menjadi pegawai negeri. Karena itu gelar "penulis" dalam Ezr 7:11 dan Ezr 7:21 menyatakan bahwa Ezra menjabat semacam "sekretaris bagi urusan Yahudi" di istana raja Persia. Tetapi gelar resmi "penulis" oleh si Muwarikh diterangkan berdasarkan tindakan Ezra di Yerusalem, Neh 8:8+. "Penulis" ialah orang yang membaca, menterjemahkan dan menafsirkan hukum Taurat bagi umat. Penulis menjadi "ahli Taurat". Dengan Ezra mulailah jabatan itu, yang pada masa sesudah pembuangan semakin berkembang. Para ahli Taurat/Kitab yang tampil dalam Perjanjian Baru merupakan cucu-cucu Ezra "penulis yang mahir".

Jerusalem: Ezr 7:11-26 - -- Isi surat kuasa yang diberikan kepada Ezra ini ialah: a. izin bagi setiap orang Yahudi yang berkediaman dalam kerajaan Artahsasta untuk menetap di Yeh...

Isi surat kuasa yang diberikan kepada Ezra ini ialah: a. izin bagi setiap orang Yahudi yang berkediaman dalam kerajaan Artahsasta untuk menetap di Yehuda, Ezr 7:13. Hukum Taurat dijadikan hukum negara, Ezr 7:25-26; hidup jemaat di Palestina, Ezr 7:14, dan jemaat-jemaat Yahudi di daerah seberang sungai Efrat, Ezr 7:25 harus disesuaikan dengan hukum itu; hukum itu memang diwajibkan, Ezr 7:26. sejumlah penetapan di bidang keuangan, Ezr 7:15-20. Mengenai kebijaksanaan raja-raja Persia terhadap agama-agama bdk Ezr 1:2+.

Jerusalem: Ezr 7:12-26 - -- Ayat-ayat ini tertulis dalam bahasa Aram.

Ayat-ayat ini tertulis dalam bahasa Aram.

Jerusalem: Ezr 7:12 - Allah semesta langit Bdk Ezr 1:2+

Bdk Ezr 1:2+

Jerusalem: Ezr 7:12 - dan selanjutnya Maksud naskah Aram tidak jelas dan terjemahannya dikira-kirakan saja. Barangkali kata Aram yang dipakai berarti bahwa surat itu diumumkan dan tidak te...

Maksud naskah Aram tidak jelas dan terjemahannya dikira-kirakan saja. Barangkali kata Aram yang dipakai berarti bahwa surat itu diumumkan dan tidak tercabut.

Jerusalem: Ezr 7:18 - kehendak Allahmu Artinya yang tercantum dalam hukum Taurat, bdk Ezr 7:25

Artinya yang tercantum dalam hukum Taurat, bdk Ezr 7:25

Jerusalem: Ezr 7:19 - di hadapan Allah di Yerusalem Ini menurut terjemahan Yunani dan 3Ezr 8:17. Dalam naskah Ibrani tertulis: di hadapan Allah Yerusalem.

Ini menurut terjemahan Yunani dan 3Ezr 8:17. Dalam naskah Ibrani tertulis: di hadapan Allah Yerusalem.

Jerusalem: Ezr 7:25 - hikmat Allah Ialah hukum Taurat, bdk Ezr 7:18+

Ialah hukum Taurat, bdk Ezr 7:18+

Jerusalem: Ezr 7:25 - pemimpin-pemimpin Dalam terjemahan Yunani terbaca: penulis-penulis, bdk Ezr 7:6+

Dalam terjemahan Yunani terbaca: penulis-penulis, bdk Ezr 7:6+

Jerusalem: Ezr 7:25 - hukum Dalam naskah Aram tertulis: hukum-hukum. Tetapi dalam terjemahan Yunani dan 3Ezr 8:23 dengan tepat terbaca: hukum. "Mengetahui hukum" dalam pikiran Ib...

Dalam naskah Aram tertulis: hukum-hukum. Tetapi dalam terjemahan Yunani dan 3Ezr 8:23 dengan tepat terbaca: hukum. "Mengetahui hukum" dalam pikiran Ibrani searti dengan melaksanakannya.

Ende: Ezr 7:1-10 - -- Ajat2 ini merupakan ringkasan, jang dibuat si penjusun sendiri. Nanti ia mengutip dokumen2 jang dipakainja.

Ajat2 ini merupakan ringkasan, jang dibuat si penjusun sendiri. Nanti ia mengutip dokumen2 jang dipakainja.

Ende: Ezr 7:8 - -- Angka "tudjuh" ini sering menjebabkan banjak kesulitan. Sering diubah mendjadi 27.

Angka "tudjuh" ini sering menjebabkan banjak kesulitan. Sering diubah mendjadi 27.

Ende: Ezr 7:11 - -- Esra disini muntjul sebagai pegawai tinggi diistana radja, jakni sebagai pegawai untuk urusan2 agama Jahudi. Dengan pangkat ini ia diutus oleh radja s...

Esra disini muntjul sebagai pegawai tinggi diistana radja, jakni sebagai pegawai untuk urusan2 agama Jahudi. Dengan pangkat ini ia diutus oleh radja sebagai penindjau agama Jahudi di Palestina.

Ende: Ezr 7:13 - -- Artaxerxes membaharui penetapan Cyrus dahulu!

Artaxerxes membaharui penetapan Cyrus dahulu!

Ende: Ezr 7:24 - -- Suatu keistimewaan baru, jakni para rohaniwan dibebaskan dari padjak.

Suatu keistimewaan baru, jakni para rohaniwan dibebaskan dari padjak.

Ende: Ezr 7:25-26 - -- Penetapan ini mendjaminkan kepada orang2 Jahudi suatu otonomi jang agak besar. Tetapi otonomi itu lebih bertjorak keigamaan dari pada sipil. Esra tida...

Penetapan ini mendjaminkan kepada orang2 Jahudi suatu otonomi jang agak besar. Tetapi otonomi itu lebih bertjorak keigamaan dari pada sipil. Esra tidak diangkat mendjadi gubernur sipil.

Ende: Ezr 7:25 - mengenal hukum berarti menepatinja. Kebidjaksanaan Allah jang ada pada Esra ialah kemahirannja dalam Taurat Allah.

berarti menepatinja. Kebidjaksanaan Allah jang ada pada Esra ialah kemahirannja dalam Taurat Allah.

Ende: Ezr 7:27 - -- Disini mulailah "surat peringatan" Esra sendiri (aku!).

Disini mulailah "surat peringatan" Esra sendiri (aku!).

Endetn: Ezr 7:12 - (selamat) ditambahkan menurut III Esr 8:9.

ditambahkan menurut III Esr 8:9.

Endetn: Ezr 7:19 - (-mu di) ditambahkan menurut III Esr 8:17.

ditambahkan menurut III Esr 8:17.

Ref. Silang FULL: Ezr 7:2 - bin Zadok // bin Ahitub · bin Zadok: 1Raj 1:8; 2:35; 1Taw 6:8; Yeh 40:46; 43:19; 44:15 · bin Ahitub: Neh 11:11

· bin Zadok: 1Raj 1:8; 2:35; 1Taw 6:8; Yeh 40:46; 43:19; 44:15

· bin Ahitub: Neh 11:11

Ref. Silang FULL: Ezr 7:5 - bin Pinehas · bin Pinehas: 1Taw 6:4

· bin Pinehas: 1Taw 6:4

Ref. Silang FULL: Ezr 7:6 - Ezra // raja memberi // melindungi dia · Ezra: Neh 12:36 · raja memberi: 2Raj 25:28; 2Raj 25:28 · melindungi dia: Ezr 5:5; Ezr 5:5; Yes 41:20; Yes 41:20

· Ezra: Neh 12:36

· raja memberi: 2Raj 25:28; [Lihat FULL. 2Raj 25:28]

· melindungi dia: Ezr 5:5; [Lihat FULL. Ezr 5:5]; Yes 41:20; [Lihat FULL. Yes 41:20]

Ref. Silang FULL: Ezr 7:7 - raja Artahsasta · raja Artahsasta: Ezr 8:1

· raja Artahsasta: Ezr 8:1

Ref. Silang FULL: Ezr 7:9 - melindungi dia · melindungi dia: Ezr 7:6

· melindungi dia: Ezr 7:6

Ref. Silang FULL: Ezr 7:10 - serta mengajar · serta mengajar: Ul 33:10; Ul 33:10

· serta mengajar: Ul 33:10; [Lihat FULL. Ul 33:10]

Ref. Silang FULL: Ezr 7:12 - segala raja · segala raja: Yeh 26:7; Dan 2:37

· segala raja: Yeh 26:7; Dan 2:37

Ref. Silang FULL: Ezr 7:14 - orang penasihatnya · orang penasihatnya: Est 1:14

· orang penasihatnya: Est 1:14

Ref. Silang FULL: Ezr 7:15 - persembahan sukarela // tempat kediaman-Nya · persembahan sukarela: 1Taw 29:6; 1Taw 29:6 · tempat kediaman-Nya: Ul 12:5; Ul 12:5; 2Taw 6:2; 2Taw 6:2

· persembahan sukarela: 1Taw 29:6; [Lihat FULL. 1Taw 29:6]

· tempat kediaman-Nya: Ul 12:5; [Lihat FULL. Ul 12:5]; 2Taw 6:2; [Lihat FULL. 2Taw 6:2]

Ref. Silang FULL: Ezr 7:16 - dan emas // di Yerusalem · dan emas: Kel 3:22; Kel 3:22 · di Yerusalem: Za 6:10

· dan emas: Kel 3:22; [Lihat FULL. Kel 3:22]

· di Yerusalem: Za 6:10

Ref. Silang FULL: Ezr 7:17 - anak-anak domba // korban curahannya // itu kaupersembahkan · anak-anak domba: 2Raj 3:4; 2Raj 3:4 · korban curahannya: Bil 15:5-12 · itu kaupersembahkan: Ul 12:5-11

· anak-anak domba: 2Raj 3:4; [Lihat FULL. 2Raj 3:4]

· korban curahannya: Bil 15:5-12

· itu kaupersembahkan: Ul 12:5-11

Ref. Silang FULL: Ezr 7:19 - Allahmu, sampaikanlah · Allahmu, sampaikanlah: Ezr 5:14; Yer 27:22

· Allahmu, sampaikanlah: Ezr 5:14; Yer 27:22

Ref. Silang FULL: Ezr 7:20 - dari perbendaharaan · dari perbendaharaan: Ezr 6:4; Ezr 6:4

· dari perbendaharaan: Ezr 6:4; [Lihat FULL. Ezr 6:4]

Ref. Silang FULL: Ezr 7:23 - serta anak-anaknya · serta anak-anaknya: Ezr 6:10; Ezr 6:10

· serta anak-anaknya: Ezr 6:10; [Lihat FULL. Ezr 6:10]

Ref. Silang FULL: Ezr 7:24 - bait Allah // atau bea · bait Allah: Ezr 8:36 · atau bea: Ezr 4:13; Ezr 4:13

· bait Allah: Ezr 8:36

· atau bea: Ezr 4:13; [Lihat FULL. Ezr 4:13]

Ref. Silang FULL: Ezr 7:25 - Ezra, angkatlah // haruslah kauajar · Ezra, angkatlah: Kel 18:21,26; Kel 18:21; Kel 18:26 · haruslah kauajar: Im 10:11; Im 10:11

· Ezra, angkatlah: Kel 18:21,26; [Lihat FULL. Kel 18:21]; [Lihat FULL. Kel 18:26]

· haruslah kauajar: Im 10:11; [Lihat FULL. Im 10:11]

Ref. Silang FULL: Ezr 7:26 - hukuman penjara · hukuman penjara: Ezr 6:11; Ezr 6:11

· hukuman penjara: Ezr 6:11; [Lihat FULL. Ezr 6:11]

Ref. Silang FULL: Ezr 7:27 - menggerakkan hati // ia menyemarakkan · menggerakkan hati: Ezr 1:1; Ezr 1:1 · ia menyemarakkan: 1Taw 29:12; 1Taw 29:12

· menggerakkan hati: Ezr 1:1; [Lihat FULL. Ezr 1:1]

· ia menyemarakkan: 1Taw 29:12; [Lihat FULL. 1Taw 29:12]

Ref. Silang FULL: Ezr 7:28 - aku disenangi // melindungi aku · aku disenangi: 2Raj 25:28; 2Raj 25:28 · melindungi aku: Ezr 5:5; Ezr 5:5

· aku disenangi: 2Raj 25:28; [Lihat FULL. 2Raj 25:28]

· melindungi aku: Ezr 5:5; [Lihat FULL. Ezr 5:5]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Ezr 7:1-10 - Kedatangan Ezra di Yerusalem Nama Ezra yang mulia menyapa kita, pertama-tama, di dalam judul kitab ini. Tetapi dalam isinya kita tidak menjumpai nama itu sampai pasal ini mempe...

Matthew Henry: Ezr 7:11-26 - Surat Perintah Artahsasta Surat Perintah Artahsasta (7:11-26) Dalam perikop ini kita mendapati surat perintah yang diberikan oleh raja Persia kepada Ezra, dengan memberinya ...

Matthew Henry: Ezr 7:27-28 - Ucapan Syukur Ezra kepada Allah Ucapan Syukur Ezra kepada Allah (7:27-28) Ezra tidak dapat melanjutkan kisahnya tanpa menyisipkan pengakuan syukurnya atas kebaikan Allah terhadap ...

SH: Ezr 7:1-10 - Tidak pelayanan tidak berarti tidak baca Alkitab (Rabu, 8 Desember 1999) Tidak pelayanan tidak berarti tidak baca Alkitab Ezra tidak berkesempatan melayani Allah sebagai imam di Babilon. Meskipun dia memiliki garis ke...

SH: Ezr 7:1-28 - Pertolongan Tuhan bagi yang taat (Jumat 19 September 2008) Pertolongan Tuhan bagi yang taat Hidup kita selalu diwarnai oleh berbagai macam masalah dan pergumulan. Namun ada saat kita merasa bahwa pertolo...

SH: Ezr 7:1-28 - Pemimpin Agama dan Bangsa (Senin, 26 Juni 2017) Pemimpin Agama dan Bangsa Kompetensi Ezra sebagai pemimpin agama tidak perlu diragukan lagi. Ia bukan hanya imam, tetapi juga ahli kitab dan pengajar...

SH: Ezr 7:1-28 - Learn More, Do More, Talk More (Selasa, 27 Desember 2022) Learn More, Do More, Talk More Dalam segala aspek kehidupan, ada saja ekstrem kiri maupun ekstrem kanan. Dalam kekristenan pun demikian. Ada yang ber...

SH: Ezr 7:11-28 - Allah yang mengambil, Allah yang mengembalikan (Kamis, 9 Desember 1999) Allah yang mengambil, Allah yang mengembalikan Pada masa pembuangan Israel, harta benda Yehuda dan perkakas Bait Allah diangkut ke Babilon. Keti...

SH: Ezr 7:28--8:30 - Bukan pemimpin "One man show" (bekerja sendiri) (Jumat, 10 Desember 1999) Bukan pemimpin "One man show" (bekerja sendiri) Ezra diberi wewenang yang besar dari raja Koresy, namun hal ini tidak membuat dia ingin mengungk...

SH: Ezr 7:28--8:36 - Tangan Tuhan melindungi (Sabtu 20 September 2008) Tangan Tuhan melindungi Bagaimanakah hubungan antara pertolongan Tuhan dan upaya hamba-Nya untuk menguatkan hati? Apakah saling bertolak belakan...

SH: Ezr 7:28--8:36 - Bekerja dengan Detail (Selasa, 27 Juni 2017) Bekerja dengan Detail Seorang pemimpin dituntut untuk bekerja dengan detail. Suatu kebijakan besar dapat diwujudkan bila tiap bagiannya urut tertata ...

SH: Ezr 7:28--8:36 - Tujuan, Proses, dan Respons (Rabu, 28 Desember 2022) Tujuan, Proses, dan Respons Banyak orang berkata "yang penting tujuannya tercapai, apa pun prosesnya tidak penting." Tidaklah demikian dengan sikap E...

Topik Teologia: Ezr 7:9 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Antropomorfisme untuk Allah Tangan Kel 15:6 Kel 33:22-23 Ezr 7:9 Maz 8:7 Maz 21:9 Maz 31:16 Ma...

Topik Teologia: Ezr 7:10 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan dengan Kuasa Pemilihan Mereka Membuat Pilihan Seturut dengan...

Topik Teologia: Ezr 7:12 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Tunggal Allah Allah (Ibr.: Elah) Ezr 5:1 Ezr 5:8...

Topik Teologia: Ezr 7:18 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kehendak Allah Kehendak Allah di Dalam Kehidupan Orang-orang Percaya ...

Topik Teologia: Ezr 7:21 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Kuasa Ilahi Kitab Suci Nama-nama untuk Alkitab (Atau Pembagiannya) Hukum Allah Surgawi ...

Topik Teologia: Ezr 7:25 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Mengetahui Allah dan Mengingat-Nya Mengenal Allah Makna Pengetahuan akan Allah ...

Topik Teologia: Ezr 7:26 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Tunggal Allah Allah (Ibr.: Elah) Ezr 5:1 Ezr 5:8...

Topik Teologia: Ezr 7:27 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Deskriptif Allah Allah Nenek Moyang Kita Ezr 7:2...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Ezra (Pendahuluan Kitab) Penulis : Ezra Tema : Pemulihan Kaum Sisa Tanggal Penulisan: 450-420 SM Latar Belakang Kitab Ezra adalah bagian dari sejarah y...

Full Life: Ezra (Garis Besar) Garis Besar I. Rombongan Pertama Orang Buangan yang Kembali ke Yerusalem (Ezr 1:1-6:22) A. Pengumuman dan Persediaan ...

Matthew Henry: Ezra (Pendahuluan Kitab) Dalam kitab ini, jemaat Yahudi menampilkan wajah yang amat berbeda daripada sebelumnya. Keadaan mereka pada saat ini jauh lebih baik dan lebih berb...

Jerusalem: Ezra (Pendahuluan Kitab) KITAB-KITAB TAWARIKH, EZRA DAN NEHEMIA PENGANTAR Di samping karya sejarah dari tradisi Ulangan yang merangkum kitab Hakim-hakim, Samuel dan Raja-raja,...

Ende: Ezra (Pendahuluan Kitab) KITAB ESRA-NEHEMIA PENDAHULUAN Kitab Esra-Nehemia menurut aselinja hanjalan sat karya sadja. Sebagaimana halnja dengan pelbagai kitab lainnja, barulah...

TFTWMS: Ezra (Pendahuluan Kitab) EZRA 7: EZRA, SANG PEMBAHARU — MEMIMPIN UMAT ALLAH Ezra ini berangkat pulang dari Babel. Ia adalah seorang ahli kitab, mahir dalam Taurat Musa yang...

TFTWMS: Ezra (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 John dan Charles Wesley, misalnya, berusaha untuk mereformasi Gereja Inggris ketika mereka membantu untuk memulai Gereja Methodis ...

BIS: Ezra (Pendahuluan Kitab) EZRA PENGANTAR Buku Ezra adalah lanjutan dari buku Tawarikh, dan menggambarkan keadaan bangsa Yahudi sehabis masa pembuangan di Babel. Setelah sebag

EZRA

PENGANTAR

Buku Ezra adalah lanjutan dari buku Tawarikh, dan menggambarkan keadaan bangsa Yahudi sehabis masa pembuangan di Babel. Setelah sebagian dari orang- orang buangan itu pulang ke Yerusalem, kehidupan dan ibadat bangsa Yahudi dipulihkan.

Peristiwa-peristiwa itu disajikan dalam babak-babak berikut:

  1. 1. Kelompok pertama orang-orang buangan Yahudi pulang dari Babel ke Yerusalem, sesuai dengan perintah Kores, raja Persia.
  2. 2. Rumah TUHAN di Yerusalem dibangun kembali dan ditahbiskan, dan ibadat dipulihkan.
  3. 3. Bertahun-tahun kemudian kelompok Yahudi lain kembali ke Yerusalem di bawah pimpinan Imam Ezra, seorang ahli hukum Allah. Ezra membantu menyusun kembali kehidupan rakyat dalam bidang agama dan sosial, agar dapat melindungi warisan rohani Israel.

Isi

  1.  Pemulangan pertama dari tempat pembuangan
    Ezr 1:1-2:70
  2.  Rumah TUHAN dibangun kembali dan ditahbiskan
    Ezr 3:1-6:22
  3.  Ezra kembali bersama-sama dengan para buangan lain
    Ezr 7:1-10:44

Ajaran: Ezra (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya anggota jemaat yakin bahwa baginya juga tersedia kasih dan kemurahan Allah mengampuni dosa-dosa mereka, ketika melihat kasih dan kemur

Tujuan

Supaya anggota jemaat yakin bahwa baginya juga tersedia kasih dan kemurahan Allah mengampuni dosa-dosa mereka, ketika melihat kasih dan kemurahan Allah dalam Kitab Ezra kepada umat pilihan-Nya.

Pendahuluan

Penulis : Ezra.

Isi Kitab: Menurut urutan peristiwa yang tertulis dalam Kitab Ezra ini. Ezra ingin menjelaskan tentang, keadaan umat pilihan Allah dari pembuangan di Babel. Kitab ini terbagi atas 10 pasal.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Ezra

  1. Pasal 1-6 (Ezr 1:1-6:22).

    Umat Allah kembali dari pembuangan di Babel dan membangun Dalam pasal-pasal ini, dijelaskan tentang raja Koresy, yang berkuasa pada waktu itu, mengijinkan umat Allah kembali ke Yerusalem untuk membangun Bait Allah.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ezr 1:1-4. Mengapakah raja Koresy menyuruh umat Allah kembali k Yerusalem? Hal ini berarti Tuhan lebih berkuasa dar raja-raja di dunia.
    2. Bacalah pasal Ezr 3:1-2,12-13. Bagaimanakah perasaan hati umat Allah pada saat selesa membuat mezbah dan meletakkan dasar bangunan Bait Allah? Mengapa demikian?
    3. Akhirnya pembangunan rumah ibadah selesa (pasal Ezr 6:16-17).
  2. Pasal 7-10 (Ezr 7:1-10:44).

    Pembaharuan oleh Ezra atas bangsa Israel

    Ezra kembali ke Yerusalem dengan surat kuasa dari raja Artahsasta. Dan mulailah pembaharuan terjadi di Yerusalem.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ezr 9:1-5,15. Sebagai seorang hamba Tuhan, Ezra menunjukka keprihatinannya dan juga tanggung jawabnya atas uma Allah. Bagaimana sikap saudara, kalau menjadi pemimpin?
    2. Bacalah pasal Ezr 10:1-6. Ezra bukan saja menaruh perhatian, tetapi ia bertindak. Dan apakah akibat tindakan Ezra ini?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Pemulihan kembali umat Allah dari pembuangan membuktikan bahwa Allah tetap setia dalam memberikan pengampunan kepada umat-Nya yang jatuh ke dalam dosa.

  2. Dengan melihat pembangunan Rumah Tuhan oleh Ezra, jelaslah bahwa Allah berkenan kepada pembangunan rumah-rumah ibadah kepada-Nya.

  3. Pernikahan anak-anak Tuhan dengan orang-orang yang tidak mengenal-Nya, merupakan dosa atau perzinahan di hadapan Allah.

  4. Pemulihan kembali umat Allah dari pembuangan, merupakan penggenapan Allah terhadap Firman-Nya, melalui nubuatan nabi-nabi-Nya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menjadi penulis Kitab ini?
  2. Mengapakah pembangunan rumah Tuhan mengalami penundaan?
  3. Apakah yang diberikan raja Artahsasta kepada Ezra?
  4. Dosa apakah yang dilakukan oleh bangsa pilihan Allah itu, sehingga Ezr mengajak melakukan pengudusan diri?
  5. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dari mempelajari Kitab Ezra?

Intisari: Ezra (Pendahuluan Kitab) Bangsa yang bangkit dari debu LATAR BELAKANGYerusalem dihancurkan oleh tentara Babel pada tahun 587 S.M. dan bangsa Yehuda dibuang ke pengasingan. Pe

Bangsa yang bangkit dari debu

LATAR BELAKANG
Yerusalem dihancurkan oleh tentara Babel pada tahun 587 S.M. dan bangsa Yehuda dibuang ke pengasingan. Peristiwa itu terjadi hampir lima puluh tahun sebelum Kerajaaan Babel ditumbangkan oleh bangsa Persia. Penguasa mereka, Koresy, mengambil suatu kebijaksanaan baru dengan mengizinkan orang-orang buangan kembali ke tanah air mereka, memberikan segala bantuan yang diperlukan untuk membangun kembali rumah-rumah ibadah dan menyelenggarakan ibadah mereka kembali. Banyak orang Yahudi yang sudah betah tinggal di pengasingan dan mereka tidak ingin kembali ke tanah air mereka. Kitab Ezra dimulai dengan kembalinya orang-orang Yahudi kurang lebih tahun 538 S.M.. Pasal Ezr 1-6 menceritakan apa yang terjadi dua puluh dua tahun kemudian ketika di bawah pimpinan Zerubabel mereka menghadapi banyak kekecewaan, tetapi akhirnya mereka dapat menyelesaikan pembangunan kembali Rumah Tuhan. Ezra sendiri tidak diperkenalkan sampai pasal Ezr 7:1. Ia memimpin serombongan orang buangan kembali ke tanah air mereka pada tahun 458 S.M.. Pasal Ezr 7-10 menceritakan cara Ezra membangun kembali bangsa itu menjadi bangsa yang hidupnya berkenan kepada Allah. Perlu dicatat bahwa ada masa tenang selama hampir enam puluh tahun di antara pasal Ezr 6:22 dan Ezr 7:1.

KITAB ITU
Kitab Ezra merupakan bagian dari suatu kisah bersambung yang dimulai dari permulaan I Tawarikh sampai pada akhir Nehemia.
Perhatikan:
1. Ezra mungkin tidak menulis kitab itu sendiri, walaupun bagian kedua kisah itu diambil dari catatan hariannya.
2. Seringkali sukar untuk menentukan berbagai tahun kejadian. Kisah mengenai perlawanan di bawah Artahsasta (Ezr 4:7-24) menunjuk pada masa yang kemudian dibandingkan dengan apa yang terjadi pada bagian permulaan kitab ini.
3. Ezra bukanlah semata-mata catatan sejarah. Si Penulis menggunakan sejarah untuk mengajar kita bagaimana Allah menangani umat-Nya. Pengajaran-pengajaran itu masih berlaku sampai saat ini.

EZRA
Ezra adalah seorang terpelajar yang menjadi Menteri Negara urusan orang Yahudi dalam pemerintahan Artahsasta. Kehidupannya yang boleh jadi sangat mengesankan di hadapan raja ditandai dengan tiga sifat, yaitu: ia berdedikasi tinggi mempelajari kitab suci (Ezr 7:10); ia memperagakan keberanian untuk percaya kepada Allah (Ezr 8:21-23) dan ia dengan rendah hati menunjukkan solidaritas terhadap bangsanya (Ezr 9:6-15).

Pesan

1. Apa yang diajarkan Ezra mengenai Allah
Ezra berbicara mengenai Allah sebagai Tuhan penguasa langit dan bumi (Ezr 1:2; 5:11), namun demikian ia Allah yang dapat dikenal dan dipercayai oleh umat-Nya.
Allah yang:
o memenuhi janji-janji-Nya. Ezr 1:1
o menggenapi rencana-Nya. Ezr 1:1, 5
o menjaga kekudusan secara mutlak. Ezr 4:3, 9:15
o mengubah yang jelek menjadi baik. Ezr 5:3-6:12
o mengatur segala segi kehidupan manusia. Ezr 7:27, 28
o melindungi umat-Nya. Ezr 8:21-23
o menjawab doa-doa mereka. Ezr 8:23,31
o di atas segalanya, baik. Ezr 3:11

2. Apa yang diajarkan Ezra mengenai penyembahan
Pemulihan kembali tata ibadah penyembahan merupakan prioritas utama bagi mereka yang kembali dari pembuangan. Ezr 3:1-6
Pelaku ibadat:
o bersatu. Ezr 3:1
o penuh sukacita. Ezr 3:11-13; 6:16
o tidak mengenal kompromi. Ezr 4:1-3, 6:21
o bertobat. Ezr 6:17
o taat. Ezr 3:2; 6:18

3. Apa yang diajarkan Ezra mengenai dosa
o dosa harus ditangani dengan sungguh-sungguh. Ezr 9:3,4; 10:6
o dosa dapat berbentuk suatu kompromi yang tidak kelihatan. Ezr 4:1-3; 9:1-3
o dalam menangani dosa diperlukan pengakuan yang sungguh-sungguh tanpa mencoba untuk membela diri. Ezr 9:5-15
o pemulihan dosa hanya dapat terjadi dengan belas kasihan Allah. Ezr 9:13
o untuk menghalau dosa diperlukan langkah-langkah praktis. Ezr 10:7-17

Penerapan

1. Bagi para pemimpin dunia
o Allah mengatur segala masalah dunia.
o Allah akan memberkati mereka yang memperlakukan bangsa yang tertekan dengan adil.
o Allah akan menghargai mereka yang menepati janji.

2. Bagi gereja Kristen
o Uang harus diberikan untuk pekerjaan Allah dengan bebas dan dengan murah hati.
o Ibadah harus dipersembahkan kepada Allah dengan penuh sukacita.
o Persatuan dalam gereja adalah penting.
o Jagalah kemurnian penyembahan Anda: jangan membuang kekhasan ibadah Anda sebagai akibat kompromi dengan kepercayaan lain.
o Suatu perubahan sikap yang radikal -- meninggalkan cara hidup yang penuh dosa -- diperlukan jika Anda ingin Allah memberkati Anda.

3. Bagi pribadi-pribadi Kristen
o Jadikan ibadah kepada Allah sebagai prioritas utama.
o Jangan memandang enteng dosa.
o Pelajari Alkitab secara sungguh-sungguh.
o Taatilah Tuhan secara mutlak.
o Percayalah pada pemeliharaan Allah.
o Berilah persembahan dengan murah hati.
o Ambillah langkah-langkah praktis untuk bertambah-tambah dalam kesucian.

Tema-tema Kunci

Sejumlah tema dalam kitab Ezra mengundang orang Kristen untuk meninjau hubungan mereka dengan Allah.

1. Pengalaman Kristiani
Ezra menyadari bahwa Allah bekerja dalam hidupnya dan memimpin setiap langkahnya. Camkanlah khususnya ungkapan ini, "tangan Tuhan Allahnya berada di atasnya" (Ezr 7:6,9,28; 8:22,31). Pada saat-saat apa Anda merasakan kuasa Allah dalam hidup Anda?

2. Ambisi Kristiani
Kerinduan terbesar dalam kehidupan Ezra adalah firman Allah (Ezr 7:10). Ia mempelajarinya; menaati dan mengajarkannya. Belajar dan ketaatan seharusnya berjalan berdampingan. Lihatlah betapa erat hubungannya dengan Mazmur 119. Dengan cara bagaimana mempelajari Alkitab mempengaruhi hidup Anda?

3. Memberi secara Kristiani
Cara Anda menggunakan harta milik Anda merupakan suatu indikasi keadaan rohani Anda. Bangsa Yahudi yang baru kembali dari pembuangan memberi dengan spontan kepada Allah (Ezr 2:68,69). Tinjaulah kembali apa yang Anda berikan kepada Allah di bawah terang pengajaran yang terdapat dalam 2Korintus 8 dan 2Korintus 9, dan 1Korintus 16:2.

4. Kemurnian Kristiani
Tinjaulah hidup Anda dengan maksud untuk menemukan titik-titik rawan tempat Anda cenderung mengadakan kompromi dengan iman Anda. Langkah-langkah praktis apa saja yang dapat Anda ambil untuk memastikan bahwa Anda tidak mengadakan kompromi.

5. Kegagalan Kristiani
Pada waktu Anda mengalami kegagalan seperti yang dialami oleh bangsa Yahudi, apa yang telah Anda lakukan? Sebagian orang mencoba untuk melupakannya, tetapi Ezra (Ezr 9:1-10:44) mengajarkan bahwa kegagalan harus dihadapi, diakui, disesali dan diluruskan. Dengan jalan demikian pengampunan sejati dapat dirasakan.

6. Iman Kristiani
Tindakan Ezra untuk kembali ke Yerusalem tanpa dikawal oleh pasukan bersenjata merupakan tindakan yang sangat berani (Ezr 8:21-23). Mengapakah ia melakukan hal itu? Melalui perbuatan iman, baik kecil maupun besar, apakah Allah telah memanggil Anda dalam kehidupan kekristenan Anda? Sampai di mana pertumbuhan rohani bergantung pada perbuatan iman seperti itu.

Garis Besar Intisari: Ezra (Pendahuluan Kitab) [1] KEMBALI DARI PEMBUANGAN DI BAWAH PEMERINTAHAN KORESY Ezr 1:1-6:22 Pembangunan kembali Rumah Tuhan Ezr 1:1-11Koresy mengizinkan orang Yahudi pu

[1] KEMBALI DARI PEMBUANGAN DI BAWAH PEMERINTAHAN KORESY Ezr 1:1-6:22

Pembangunan kembali Rumah Tuhan

Ezr 1:1-11Koresy mengizinkan orang Yahudi pulang ke negeri mereka
Ezr 2:1-67Daftar orang-orang yang kembali dari pembuangan
Ezr 2:68-70Apa yang pertama-tama dilakukan di Yerusalem
Ezr 3:1-6Tata cara ibadat lama dipulihkan
Ezr 3:7-13Peletakan pondasi pembangunan Rumah Tuhan
Ezr 4:1-24Bangsa Yahudi menghadapi perlawanan
Ezr 5:1-17Penyelidikan arsip
Ezr 6:1-12Penganiayaan membuahkan berkat
Ezr 6:13-22Rumah Tuhan selesai dibangun

[2] KEMBALI DARI PEMBUANGAN DI BAWAH PEMERINTAHAN ARTAHSASTA Ezr 7:1-10:44

Pembangunan kembali bangsa Yahudi

Ezr 7:1-28Ezra diperintahkan untuk kembali ke negerinya
Ezr 8:1-20Daftar orang yang kembali dari pembuangan
Ezr 8:21-36Peraturan-peraturan yang ditetapkan oleh Ezra
Ezr 9:1-5Dosa ditunjukkan
Ezr 9:6-15Doa pengakuan dosa Ezra
Ezr 10:1-5Reformasi dimulai
Ezr 10:6-15Perintah langsung dari Ezra
Ezr 10:16-44Nama-nama mereka yang tidak menghormati perintah Tuhan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #31: Tutup popup dengan arahkan mouse keluar dari popup. Tutup sticky dengan menekan ikon . [SEMUA]
dibuat dalam 0.67 detik
dipersembahkan oleh YLSA